Membuat Website tanpa Memahami Bahasa Pemrograman


    Featuring:
  • CMS Joomla
  • Blogger
  • Search Engine Optimization

Selasa, 12 Mei 2009

How to Install Joomla 1.5 pada Localhost Bag. 1 (Instal WAMP)

CMS Joomla dan kebanyakan CMS lain yang beredar di internet saat ini menggunakan:

  1. Bahasa pemrograman PHP
  2. Web Server Apache, dan
  3. Database MySQL

Ketiga software di atas dapat dengan mudah kita peroleh dan yang penting adalah legal, karena software-software tersebut bersifat open source.

Dalam menginstal Joomla, kita dapat menginstal Joomla di web server offline (localhost) atau langsung menginstal pada web server online (remote server). Pada posting kali ini kita akan belajar untuk menginstal Joomla pada web server lokal terlebih dahulu.

Mengapa kita membutuhkan web server untuk membuat website Joomla? Hal ini dikarenakan penggunaan script PHP yang bersifat server-side. Server-side berarti program diproses pada sisi server, bukannya pada komputer klien/pengakses. Dengan demikian, program akan dijalankan dengan lebih cepat dan tidak membebani kinerja komputer klien. 

Untuk menginstal pada localhost tentunya kita membutuhkan ketiga software pendukung di atas terlebih dahulu. Lain halnya dengan web server remote/online yang telah memiliki ketiga fungsi software di atas.

Dengan begitu, kita harus mendownload dan menginstal ketiga software satu demi satu. Tetapi, tentunya cukup merepotkan bukan? Untungnya sekarang sudah tersedia software yang bersifat multi aplikasi, artinya dengan sekali instal, ketiga aplikasi pendukung langsung terinstal dan terkonfigurasi dengan baik. Software multi aplikasi untuk Joomla yang paling populer adalah WAMP (Window Apache MySQL & PHP) dan XAMPP. Dalam posting kali ini kita akan menggunakan software WAMP.

Download software WAMP terbaru yang telah berganti nama menjadi WampServer 2.0 pada situs resminya di http://www.wampserver.com/en/download.php atau klik disini. File installer berukuran 16mb.

Klik ganda file installer WampServer2.0.exe, sehingga terbuka jendela peringatan sebagai berikut:

InstallWamp1

Pesan di atas mengingatkan Anda untuk terlebih dahulu meng-uninstall dan menghapus folder Wamp apabila Anda memiliki WAMP5 versi 1.x di komputer Anda. Setelah proses uninstall, folder WAMP masih akan menyisakan database dan direktori Joomla yang pernah Anda buat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda cukup me-rename folder WAMP atau memindahkan isinya apabila masih Anda butuhkan. Klik tombol Yes untuk melanjutkan ke jendela instalasi sebagai berikut:

Install Wamp 2 

Klik tombol Next, sehingga tampil jendela License Agreement seperti berikut:

Install Wamp3

Klik opsi I accept the agreement dan klik tombol Next

Install Wamp 4

Pada jendela ini, kita harus menentukan lokasi folder tempat penyimpanan file-file WampServer nantinya. Secara default, program akan disimpan pada lokasi c:\wamp. Anda dapat mengubah dengan cara mengetikkan lokasi yang Anda inginkan atau mengklik tombol Browse…  untuk memilih lokasi penyimpanan. Setelah Anda menentukan lokasi penyimpanan, klik tombol Next, sehingga tampil jendela berikut:

Install Wamp

Bagian ini untuk membuat Ikon/short cut bagi program WampServer. Klik/tandai pilihan yang Anda inginkan. Pilihan pertama untuk membuat ikon Quick Launch, yakni ikon yang terdapat di samping start menu windows atau kiri bawah layar komputer Anda. Pilihan kedua untuk membuat ikon di desktop atau tampilan utama layar Windows Anda. Klik saja keduanya bila Anda kurang paham. Klik tombol Next untuk berpindah ke jendela berikutnya.

Install Wamp

Jendela ini memberitahukan bahwa software WAMP siap diinstal. Klik tombol Install untuk mengeksekusinya. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi sempurna dan menampilkan jendela sebagai berikut:

Install Wamp

Pada jendela ini, kita diberi kebebasan menentukan aplikasi browser default untuk menjalankan Joomla nantinya. Biarkan saja apa adanya dan klik tombol Open untuk menyelesaikan proses instalasi software WampServer.

Install Wamp

Pada jendela ini, Anda diminta untuk menentukan server SMTP dan alamat email Anda. Biarkan saja secara default. Klik tombol Next.

Install Wamp

Pada jendela terakhir ini, klik tombol Finish. Sesaat kemudian, Wamp Server segera aktif yang ditandai dengan munculnya ikon Wamp ( iconwamp ) pada sebelah kanan taskbar windows Anda. Klik ikon Wamp, sehingga tampil menu seperti berikut:

Install Wamp  

Anda dapat menggunakan menu-menu ini untuk keperluan web nantinya. Periksa apakah server Apache, PHP, dan database MySQL sudah aktif dan berjalan dengan baik, dengan cara:

  1. Buka browser Anda atau Internet Explorer.
  2. Ketikkan localhost pada bagian addressnya.
  3. Pastikan halaman yang tampil sebagai berikut.

Install Wamp    

Selamat! Anda telah berhasil menginstal Wamp Server pada komputer Anda. Untuk tutorial install Joomla 1.5 akan dimuat pada posting How to Install Joomla 1.5 pada Localhost Bag. 2 (Install Joomla).

0 comments:

Posting Komentar