Membuat Website tanpa Memahami Bahasa Pemrograman


    Featuring:
  • CMS Joomla
  • Blogger
  • Search Engine Optimization

Senin, 04 Mei 2009

CMS Joomla – Membuat website tanpa memahami bahasa pemrograman

Dulu kita mengenal HTML sebagai sarana utama dalam membuat website. Tetapi, pembuatan website dengan menggunakan HTML sangat menghabiskan waktu. Untuk membuat satu halaman website saja, kita perlu mengetik sampai puluhan, bahkan ratusan baris kode HTML . Kemudian, mengulang proses yang sama untuk halaman kedua, ketiga, dan seterusnya. Bagaimana kalau website Anda membutuhkan beratus-ratus halaman layaknya Amazon atau Ebay?

Masalah Anda akan semakin bertambah apabila Anda sama sekali tidak menguasai bahasa HTML. Anda harus menyewa seorang webmaster apabila hendak membuat website atau pun mengubah sepatah kata dalam website Anda. Jika website Anda memiliki ratusan halaman, bayangkan berapa banyak tenaga ahli, waktu, dan biaya yang harus Anda keluarkan?

Dengan CMS Joomla, pengaturan isi dan penampilan web dapat dilakukan oleh user yang tidak menguasai HTML sekalipun. CMS Joomla saat ini adalah CMS terbaik dan paling banyak digunakan di dunia. Kabar yang lebih baik lagi, CMS Joomla yang canggih ini berlisensi open source atau dengan kata lain merupakan software gratisan. Meskipun gratisan, CMS Joomla didukung oleh komunitas yang berjumlah puluhan ribu di seluruh dunia yang bekerja dalam ribuan proyek setiap tahunnya. Website yang tercatat menggunakan CMS Joomla menurut data tahun 2008 saja telah mencapai lebih dari 20 juta website.

Meskipun dengan mudah digunakan oleh orang awam, CMS Joomla tetap memiliki fleksibilitas dan tingkat modifikasi yang tinggi. Fleksibitas website Joomla untuk dikembangkan hanya terbatas oleh kreatifitas dan kemampuan penciptanya. Berikut contoh situs-situs yang dikembangkan dengan Joomla:

  1. http://www.id-joomla.com
  2. http://www.xl.co.id
  3. http://www.intanproperty.com
  4. http://www.joomla.org
  5. http://www.porsche.com.br
  6. http://www.travelshopireland.com
  7. http://www.livinggallery.eu
  8. Dan lebih banyak lagi di Joomla Community Site Showcase.

Anda yang sampai pada situs saya tentunya didorong oleh keinginan yang besar untuk mempelajari cara membuat website sendiri. Oleh karena itu, saya melalui blog Sayonara Webmaster akan membimbing Anda dengan menyediakan tutorial-tutorial dasar Joomla. Apabila tutorial saya masih kurang jelas, Anda dapat memberikan pertanyaan kepada saya melalui fasilitas Comments di blog Sayonara Webmaster ini. Kedepannya, saya juga akan menyediakan semua resources atau sumber daya yang Anda butuhkan untuk menciptakan website Joomla yang semakin baik lagi.

0 comments:

Posting Komentar