Membuat Website tanpa Memahami Bahasa Pemrograman


    Featuring:
  • CMS Joomla
  • Blogger
  • Search Engine Optimization

Jumat, 08 Mei 2009

Beda Joomla 1.0 dan 1.5

Setelah Anda sejenak mencari tahu mengenai Joomla, Anda akan dibingungkan dengan adanya dua versi Joomla, yakni Joomla 1.0 dan Joomla 1.5. Apakah perbedaan dari keduanya?

Joomla 1.0 masih dikembangkan dengan basis Mambo, sedangkan Joomla 1.5 merupakan versi CMS yang dikembangkan dari nol. Namun, pada awalnya pengembangan Joomla 1.0 terus dilakukan karena penggunanya sangat banyak dan didukung pula oleh extension yang melimpah.

Keluarnya Joomla 1.5 pada awalnya agak susah menarik para pengguna Joomla 1.0. Hal ini diakibatkan pengguna Joomla 1.0 lebih familiar dengan tampilan operasi Joomla 1.0. Selain itu, pengguna Joomla 1.0 juga masih meragukan tingkat keamanan Joomla 1.5 yang belum teruji meskipun telah diklaim memiliki sistem keamanan yang lebih baik oleh penciptanya. Kemudahan dalam mencari template, component, dan module bagi versi 1.0 juga salah satu faktor yang menahan para pengguna untuk segera beralih ke versi 1.5.

Peningkatan Joomla 1.5 yang mencolok tentunya dari tampilan administrasi yang lebih indah dengan dukungan efek animasi yang lebih smooth. Template awal Joomla 1.5 yang lebih indah dan semakin dalamnya option untuk mengatur parameter dan feature template. Template-template yang tersedia untuk di-download juga kualitasnya jauh di atas template-template yang tersedia untuk Joomla 1.0.

Kemudian perbedaan lainnya adalah bergantinya istilah mambot menjadi plugin, toolbar yang lebih ringkas, dan semakin dioptimalkannya fitur SEF (Search Engine Friendly) pada Joomla 1.5.

Pengembang Joomla juga secara resmi telah menghentikan pengembangan versi 1.0 dan berfokus sepenuhnya untuk mengembangkan versi 1.5. Penghentian ini didasarkan pada meningkatnya jumlah pengguna Joomla 1.5 dan meningkatnya dukungan extension bagi Joomla 1.5. Saat ini, Joomla 1.5 sudah digunakan secara luas dan extension yang tersedia juga sudah melimpah ruah.

Dalam blog Sayonara Webmaster, hanya akan dibahas mengenai Joomla 1.5, karena para pengguna Joomla 1.0 juga kebanyakan telah bermigrasi atau memindahkan websitenya ke basis Joomla 1.5. Extension pada Joomla 1.0 secara teknis tidak dapat digunakan untuk Joomla 1.5. Namun, Joomla 1.5 telah menyediakan Legacy Mode yang memungkinkan extension dari Joomla 1.0 dapat dijalankan di Joomla 1.5. Meskipun begitu, tetap saja tidak semua extension Joomla 1.0 dapat dijalankan via Legacy Mode.

0 comments:

Posting Komentar