Membuat Website tanpa Memahami Bahasa Pemrograman


    Featuring:
  • CMS Joomla
  • Blogger
  • Search Engine Optimization

Senin, 04 Mei 2009

CMS Joomla : Web Design Tanpa Menguasai HTML

Joomla_Symbol_Color_bigger Web design menggunakan tool dan cara tradisional (HTML statis) membutuhkan tenaga kerja yang ahli dan biaya yang besar. Sebagai contoh, apabila ingin mengubah kata dalam webpage tentunya dibutuhkan orang yang menguasai HTML. Jika server web yang ingin diubah memiliki ratusan webpage, maka berapa banyak tenaga kerja, waktu, dan biaya yang harus dikeluarkan!?  Dengan CMS, pengaturan isi dan penampilan web dapat dilakukan oleh user yang tidak menguasai HTML sekalipun.

Content Management System (CMS) adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk membangun dan mengupdate web, yang dirancang sedemikian rupa sehingga proses pembuatan dan pemeliharaan web lebih mudah, efektif, dan efisien, baik bagi orang yang mengerti tentang teknologi web maupun yang tidak.

CMS terbaik & paling banyak digunakan di dunia saat ini adalah CMS Joomla yang bersifat open source. Dikatakan open source karena pengguna dapat memodifikasi, menghapus, dan menambah script yang disertakan dalam software tersebut asal tetap menghormati hak cipta dan mentaati peraturan yang telah ditetapkan secara bersama-sama.

Dengan Joomla kita dapat membuat website apa saja yang kita inginkan. Misalnya membuat website seperti http://detik.com, http://id-joomla.com, http://xl.co.id bahkan bisa juga http://amazon.com. Untuk melihat contoh website lainnya yang berbasis Joomla, silahkan lihat di Joomla Community Site Showcase.

CMS Joomla dikembangkan dengan basis PHP dan database MySQL. Secara teknis, CMS memisahkan konten web dengan body web yang ditampilkan di muka. Konten web disimpan dalam database MySQL dan dipanggil dengan skrip/kode pada index.php. Dengan demikian, modifikasi menjadi jauh lebih dinamis karena tidak perlu lagi membongkar body untuk mengganti isi atau pun sebaliknya.  

CMS Joomla juga menyediakan adanya panel administrasi yang friendly user bagi orang awam sekalipun. Didalamnya disediakan sistem manajemen konten dan editor konten bersifat WYSIWYG, sehingga tidak perlu berkutat dengan bahasa pemrograman. Dengan pemisahan body dan isi juga memungkinkan penggantian tampilan web dengan mengaktifkan template. Template dapat dengan mudah dicari dan diinstal.

Untuk mendownload dan mempelajari lebih banyak mengenai CMS Joomla, silahkan buka situs ofisial Joomla di http://www.joomla.org. Selain Joomla, masih terdapat CMS lainnya yang bersifat open source maupun komersil. Silahkan kunjungi http://opensourcecms.com untuk referensi CMS yang bersifat open source.

Sejarah CMS Mambo & Lahirnya Joomla

Joomla merupakan pengembangan dari open source project Mambo, yang dahulu sering disebut sebagai Mambo Open Source atau MOS. Mambo sebenarnya dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang bernama Miro. Miro memberikan Mambo secara gratis kepada sebuah komunitas open source untuk dikembangkan. Pada bulan Agustus 2005, terjadi perselisihan prinsip antara pihak komunitas pengembang Mambo dengan MIRO.

Perselisihan dikarenakan pihak Miro ingin membentuk Mambo Foundation yang bertugas mengelola pengembangan Mambo. Dengan adanya Mambo Foundation, ditakutkan Mambo akan beralih menjadi software komersil.

Akibat perselisihan ini, beberapa orang pengembang inti Mambo keluar dari project dan akhirnya membentuk project open source baru yang diberi nama Joomla. Kata Joomla sendiri diambil dari  kata Jumla, bahasa Suaheli dari penduduk Kenya dan Tanzania di benua Afrika yang berarti “all this together” atau “secara bersama-sama”. Secara bersama-sama dikembangkan dan secara bersama-sama digunakan.

Pada tanggal 17 September 2005, dirilis Joomla versi 1.0.0. Versi ini merupakan versi alias dari Mambo versi 4.5.3. Joomla secara terus menerus dikembangkan oleh berbagai komunitas open source yang sangat aktif dan tertarik dengan sistem ini. Joomla versi 1.0.0 ini berakhir pada versi 1.0.15 dan diteruskan oleh Joomla versi 1.5 yang tidak lagi berbasis Mambo. Joomla versi 1.5 saat ini telah mencapai versi 1.5.10 pada saat tulisan ini dibuat.

0 comments:

Posting Komentar