Membuat Website tanpa Memahami Bahasa Pemrograman


    Featuring:
  • CMS Joomla
  • Blogger
  • Search Engine Optimization

Senin, 14 September 2009

Instalasi Extension Baru pada Joomla 1.5

Untuk menambah template, module, component, plugin, maupun language pada website Joomla, Anda dapat mencari extension tersebut di website. Setelah Anda mendownload extension yang Anda butuhkan, Anda perlu menginstalnya terlebih dahulu. Untuk menginstal, masuk ke halaman administrator dan klik menu Extensions. Pilih menu Install/Unistall.

install-extensions 

Pada tab pertama, Anda akan menemukan menu Install untuk menginstall component, module, plugin, language, template. Joomla menyediakan 3 jenis cara untuk melakukan instalasi. Cara pertama dengan Upload Package File, yakni meng-upload paket zip dari ekstension yang hendak Anda instal. Cara kedua, Install from Directory, yakni dengan memasukkan direktori folder dari file-file yang dibutuhkan untuk melakukan instalasi. File-file installer harus di-unzip terlebih dahulu. Cara ketiga dengan Install from URL. Masukkan URL address lokasi file installer berada.

Tab selanjutnya menampilkan daftar dari extension-extension yang telah terinstal dalam website Joomla Anda.

install-extensions   

Untuk melakukan unistall, klik tombol radio di samping nama extension yang hendak dibuang. Kemudian klik tombol Unistall pada toolbar di kanan atas. Nama extension yang berwarna abu-abu menandakan bahwa extension tersebut adalah bawaan dari Joomla yang tidak dapat di-unistall.

Untuk menonaktifkan component, klik tanda centang hijau di samping nama komponen. Language dan Template yang sedang aktif/default tidak dapat diunistall. 

0 comments:

Posting Komentar