Membuat Website tanpa Memahami Bahasa Pemrograman


    Featuring:
  • CMS Joomla
  • Blogger
  • Search Engine Optimization

Jumat, 12 Juni 2009

Istilah Penting Joomla: Template, Module, Component, Plugin, etc

Dalam menggunakan Joomla, Anda harus familiar terlebih dahulu dengan istilah-istilah berikut ini.

  1. Template, adalah tampilan dari website. Template ini layaknya Theme pada Windows atau Skin pada Winamp. Anda tinggal memilih template dengan style, warna, font, dan layout yang paling Anda suka.
  2. Component, adalah aplikasi yang menambah nilai atau fungsi dari Joomla. Sebuah komponen biasanya memiliki konfigurasi dan control panelnya sendiri. Komponen yang telah disertakan pada Joomla yakni komponen weblink, contact form, polling, dsb.
  3. Module, adalah aplikasi atau unit fungsi yang ditampilkan pada halaman front-end Joomla. Module berfungsi menampilkan fitur-fitur utama sebuah website. Contoh module misalnya module main menu, top menu, banner, login form, polling.
  4. Plugin/Mambot, adalah aplikasi atau unit fungsi Joomla yang disisipkan untuk memanipulasi ataupun menerjemahkan konten yang diproses sebelum ditampilkan. Pada Joomla 1.0 dan Mambo, unit fungsi ini disebut Mambot. Namun, pada Joomla 1.5, istilah ini digantikan dengan Plugin. Contoh plugin adalah plugin images, page break, dan read more.
  5. Article/Content, adalah semua berita, artikel, dsb yang merupakan inti dari website Anda. Istilah Content untuk Joomla 1.0 dan Mambo kemudian digantikan dengan istilah Article untuk Joomla 1.5.

3 comments:

ahmad mengatakan...

numpang belajar

ibnoec mengatakan...

sya perlu belajar banyak nih keknya gan, karna saya sangat tertarik dengan cms joomla dan ingin membaginya juga di blog saya setelah mempelajarinya, sebelumnya makasih atas ulasannya, salam kenal.......

herlambang forex mengatakan...

web saya juga pakai joomla tapi udah versi lama yaitu 1.5, menggunakan templates rocket themes, module slideshow, plugin jsecure serta component editor artikel, terimakasih atas artikelnya ya Gan, salam kenal

Posting Komentar