Membuat Website tanpa Memahami Bahasa Pemrograman


    Featuring:
  • CMS Joomla
  • Blogger
  • Search Engine Optimization

Senin, 28 September 2009

Mengelola User Website Joomla

User adalah pengelola atau pengunjung website yang terdaftar sebagai anggota situs Joomla Anda. User perlu terlebih dahulu melakukan proses registrasi dan login pada website. Tentu saja, keberadaan anggota ini disesuaikan dengan tujuan dari penggunaan website Anda.

User ini pun terbagi dua, yakni user yang melakukan login pada halaman front end (Public Front end) dan user yang dapat login dan mengakses halaman administrator (Public Back end). User tersebut kemudian terbagi lagi menurut hak akses yang dimiliki. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini.

user management

Registered, adalah user dengan tingkat akses terendah. User dengan tingkat ini diperbolehkan untuk mengirim weblink dan mengedit profilnya sendiri, seperti mengganti password, nama, dan lain-lain.

Author, memiliki hak tambahan untuk mengirim article dan mengedit article yang dia kirim.

Editor, memiliki hak yang lebih besar dari Author. Sebagai Editor, user dapat juga melakukan editing terhadap article yang dikirimkan user lain.

Publisher, adalah user dengan hak akses tertinggi pada kelompok Public Front end. Selain memiliki akses layaknya Editor, Publisher juga diperbolehkan untuk mempublish article-article yang ada sehingga dapat tampil di halaman situs. 

Manager, user back end dengan hak akses terhadap media manager, mengedit menu, melihat statistik website, dan mengelola content.

Administrator, user yang lebih tinggi dari manager dan memiliki kelebihan lain untuk mengakses global configuration, user manager, frontpage manager, extensions manager, trash manager, menambah menu, archive manager.

Super Administrator, penguasa tertinggi website Joomla yang memiliki semua hak user lainnya. Kelebihan lainnya adalah berhak melakukan akses terhadap Global Check-in. Global Check-in adalah menu untuk mengaktifkan semua content yang dalam kondisi terkunci. Konten yang terkunci tidak akan dapat diedit. Konten dapat terkunci dikarenakan berbagai hal, diantaranya proses saving yang gagal dan mengklik tombol back untuk keluar dari halaman editing konten.

0 comments:

Posting Komentar